Hari Ini


Pengertian Zina | Hukum Berzina Dalam Islam (Hadits Rasulullah)

Update: 13 Juli 2012 at 13.15 Dalam Kategori: Islami

Pembahasan dan artikel tentang Pengertian dan Hukum-Hukum Berzina dalam Islam, ternyata banyak yang menjelaskan dan juga mempertanyakan bagaimana pengertian berzina dan apa saja yang termasuk dalam kategori berzina menurut Islam dan hadits Rasulullah saw.?

Pengertian dan Hukum Berzina

Saya coba googling tentang "Pengertian Berzina" dan "Hukum Berzina dalam Islam". Saya menemukan satu artikel pembahasan mengenai "Pengertian Zina Hati dan Mendekati Zina lainnya" di salah satu blog. Jadi ga ada salahnya saya tulis disini.

Sebuah hadits Dari Abu Hurairah r.a. Bahwa Rasulullah saw telah bersabda yang artinya:
"Kedua mata itu bisa melakukan zina, kedua tangan itu (bisa) melakukan zina, kedua kaki itu (bisa) melakukan zina. Dan kesemuanya itu akan dibenarkan atau diingkari oleh alat kelamin." (Hadis sahih diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Imam Muslim dari Ibnu Abbas dan Abu Hurairah).
dan
"Tercatat atas anak Adam nasibnya dari perzinaan dan dia pasti mengalaminya. Kedua mata zinanya melihat, kedua telinga zinanya mendengar, lidah zinanya bicara, tangan zinanya memaksa (memegang dengan keras), kaki zinanya melangkah (berjalan) dan hati yang berhazrat dan berharap. Semua itu dibenarkan (direalisasi) oleh kelamin atau digagalkannya." (HR Bukhari).

Berikut Penjelasannya :

Ungkapan: "Dan semuanya dibenarkan atau ditidakkan oleh alat kelamin", yang merupakan pengertian zina yang sesungguhnya, itu menunjukkan penjelasan terhadap "sesuatu" pada ungkapan-ungkapan sebelumnya.

Zinanya mata adalah melihat [sesuatu], zinanya lisan adalah mengucapkan [sesuatu], zinanya hati adalah mengharap dan menginginkan [sesuatu], sedangkan alat kelamin membenarkan atau mendustakan itu [semua]. (HR Bukhari & Muslim)

Jadi, "sesuatu" yang hendaknya kita hindari itu adalah yang mengarah pada hubungan kelamin. Inilah yang dimaksud dengan "sedangkan alat kelamin membenarkan atau mendustakan itu [semua]".

Berikut yang termasuk Zina :

**
Dengan demikian, melihat nonmuhrim tidak selalu merupakan zina mata.
Yang tergolong "zina mata" (berzina dengan mata) adalah melihat dengan syahwat.
Misalnya: memandangi foto porno, mengintip cewek mandi, dll.

**
Selain itu, menyampaikan kata-kata mesra kepada sang pacar bukanlah tergolong zina lisan.
Yang tergolong "zina lisan" adalah yang disertai dengan nafsu birahi. Contohnya: ucapan mesum kepada pacar, "Aku ingin sekali meletakkan mulutku ke mulutmu berpagutan dalam ciuman."

**
Demikian juga, merindukan si dia atau pun merasakan getaran di hati ketika memikirkan si dia bukanlah tergolong zina hati.
Pengertian "zina hati" (berzina dalam hati) adalah mengharap dan menginginkan pemenuhan nafsu birahi.
Contohnya: berpikiran mesum, "Kapan-kapan aku akan ke kostnya saat sepi dan ga ada orang lain. Siapa tahu dia mau kuajak 'begituan'."

Demikian pula untuk "zina tangan", "zina kaki", dan berbagai aktivitas mendekati zina lainnya.

Dengan mengetahui Pengertian Berzina dan Zina lainnya menurut Islam diatas, semoga bisa menambah ilmu pengetahuan agama kita dan berusaha untuk selalu menghindari melakukan zina, karena hukum berzina adalah haram dan dilaknat Allah swt. Semoga bermanfaat. Disalin Arie Pinoci sumber wppi.wordpress.com.
Buat sobat Blogger dan juga para Pengunjung yang mau COPAS, boleh aja kok. Tapi kalo gak keberatan harap cantumkan SUMBER atau Link Dofollow ke blog ini yaa.. Thanks

** Silahkan Berkomentar Sesuai Topik **
» Dilarang Komentar Sara atau Menghujat
» Dilarang Komentar Dengan Bahasa yang Tidak Sopan
» Dilarang Komentar atau nyebar IKLAN dalam bentuk apapun
» Dilarang Menyisipkan Link (nyepam) dalam bentuk apapun
» Karena akan Langsung saya Delete (HAPUS) !!!

2 Komentar untuk "Pengertian Zina | Hukum Berzina Dalam Islam (Hadits Rasulullah)"
jokowimengatakan...
7 April 2013 10.22

Buat sobat Blogger dan juga para Pengunjung yang mau COPAS harap cantumkan SUMBER link dofollow ke blog ini..!!! Thanks

Sampe segitunya admin blogger ini nyruh DOFOLLOW segala, kok gak malu yah, padahal artikel diatas sumber linknya aja nggak hidup, terus gak menuju kepostingan sebenarnya hanya ke homepage yang gak tau keberadaan artikelnya!


Pinocimengatakan...
7 April 2013 16.29

@Jokowi : Soal "Peringatan itu sebenernya cuma peringatan aja, karna kadang ada yg copas keseluruhan tanpa kasih sumber"
Soal sumber yg saya dapat > iya sih ga nge-LINK,, itu karena saya edit lagi,, ga COPAS keseluruhan,, jadi hanya referensi artikel aja sob,, dan untuk menghargai sumber referensi saya kasih sumber homepage aaja :)
Maaf kalo misalnya salah :D


Poskan Komentar